Sejarah Suku Kemak Di Timor Leste

Suku Dunia ~ Orang Kemak berdiam di wilayah Maliana, Negara Timor Leste. Daerah tersebut berada dekat perbatasan dengan Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Ciri-ciri fisik orang Kemak terlihat dari bentuk kepala delichosephal, kulit cokelat kehitaman-hitaman, rambut keriting, dan tubuh lebih tinggi dari rata-rata suku bangsa lain di Pulau Timor. Bahasa Kemak digolongkan ahli ke dalam kelompok bahasa-bahasa Austronesia.


Masyarakat ini hidup dari pertanian di ladang dan sawah, beternak kerbau, kuda, sapi, babi dan kambing. Kaum wanita mereka juga suka menenun kain (tais) Timor yang cukup terkenal itu. Jumlah populasi suku Kemak sekitar 50.000 jiwa. Dalam berhubungan dengan suku bangsa lain di wilayah Timor Leste mereka menggunakan bahasa Tetun.

Keluarga-keluarga inti Kemak hidup berkelompok membentuk kesatuan keluarga luas atau klen. Orang-orang yang berasal dari golongan pemimpin serta dominan disebut loro, golongan rakyat biasa disebut renu, pada zaman dulu juga dikenal kelompok hamba sahaya yang disebut ata.

Agama Dan Kepercayaan Suku Kemak

Agama asli mereka bersifat animisme dan dinamisme. Mereka menghormati roh kakek moyang dan percaya kepada tokog dewa tertinggi yang disebut Maromak. Kepercayaan asli ini banyak mengenal upacara berkenaan dengan kesuburan dan kematian.
loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Sejarah Suku Kemak Di Timor Leste Silahkan baca artikel Suku Dunia Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Sejarah Suku Kemak Di Timor Leste Sebagai sumbernya

0 Response to "Sejarah Suku Kemak Di Timor Leste"

Post a Comment

Sejarah Suku Lainnya