Sejarah Suku Kore

Suku Dunia ~ Orang Kore adalah satu kelompok sosial yang merupakan penduduk asal dalam Kabupaten Bima, di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Mereka umumnya berdiam dalam wilayah Kecamatan Sanggar. Belum ada data yang ditemukan tentang jumlah anggota kelompok ini di antara penduduk Kecamatan Sanggar yang pada tahun 1985 berjumlah 8.475 jiwa atau di antara penduduk Kabupaten Bima yang berjumlah 404.383 jiwa pada tahun 1986.


Orang Kore memiliki bahasa sendiri yaitu bahasa Kore. Dalam Kabupaten Bima mereka hidup berdampingan dengan orang-orang Mbojo atau yang biasa juga disebut orang Bima, dan warga masyarakat dengan latar belakang budaya lainnya.

Di bagian barat dan selatan berbatasan dengan wilayah asal orang Donggo, orang Dompu.

Masa lalu masyarakat di wilayah kecamatan ini rupanya pernah terdapat sebuah kerajaan yang bernama Kerajaan Sanggar yang berkiprah sampai dengan abad ke-16. Dalam periode 1618 - 1674 kerajaan Sanggar dan beberapa kerajaan lain di Nusa Tenggara Barat berada di bawah kekuasaan Kerajaan Gowa dari Sulawesi.

Pada periode pemerintahan Kolonial Belanda menjadi bagian dari Onder Afdeeling Bima. Agama Islam masuk ke masyarakat di daerah Sanggar ini adalah pada abad ke-16 yang lalu.

Sumber : Ensiklopedi Suku Bangsa Di Indonesia oleh M. Junus Melalatoa
loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Sejarah Suku Kore Silahkan baca artikel Suku Dunia Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Sejarah Suku Kore Sebagai sumbernya

Sejarah Suku Lainnya