loading...

Sejarah Suku Kikim

Suku Dunia ~ Orang Kikim adalah salah satu kelompok sosial, penduduk asli yang bermukim di sekitar aliran sungai Kikim di Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatera Selatan.

Wilayah persebarannya adalah di Kecamatan Kikim, namun sebagian kecil juga menetap di Kecamatan Kota Lahat.


Secara umum mereka sering disamakan dengan orang Pasemah atau Basemah yang juga bertempat tinggal di sekitar kediaman mereka.

Orang Kikim menggunakan bahasa Kikim, yaitu bahasa Melayu dengan dialek tersendiri, yang sering juga disebut bahasa Besemah.

Selain juga dipakai oleh Masyarakat Melayu yang bermukim di beberapa kecamatan lain di Kabupaten Lahat.

Kecamatan Kikim merupakan kecamatan yang terluas di Kabupaten Lahat, namun persebaran penduduknya adalah yang terjarang.

Pada tahun 1988 Kecamatan Kikim yang luasnya sekitar 1.215,05 kilometer persegi berpenduduk sekitar 59.993 jiwa. Dari jumlah tersebut orang Kikim merupakan penduduk mayoritas.

Di Kecamatan Kota Lahat yang berpenduduk sekitar 84.638 jiwa pada tahun 1988, orang Kikim merupakan penduduk minoritas di antara kelompok lainnya.

Orang Kikim pada umumnya hidup sebagai petani. Tanaman pokoknya padi, tanaman palawija, sayur-sayuran, dan buah-buahan. Penduduk yang bermukim di sekitar wilayah hutan umumnya masih melakukan perladangan hutan.

Kini mereka dikenal sebagai pemeluk agama Islam. Walaupun demikian, sisa-sisa kepercayaan lama yang bersifat animisme masih terlihat dalam kehidupan mereka.

Sumber : Ensiklopedi Suku Bangsa Di Indonesia oleh M. Junus Melalatoa
Kamu sedang membaca artikel tentang Sejarah Suku Kikim Silahkan baca artikel Suku Dunia Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Sejarah Suku Kikim Sebagai sumbernya

Sejarah Suku Lainnya