Sejarah Suku Balaesang

Suku Dunia ~ Orang Balaesang merupakan penduduk asal dari Kecamatan Balaesang, terutama di semenanjung Manimbaya. Kecamatan ini merupakan satu dari 17 kecamatan dalam wilayah administratif Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah.


Sumber tertentu menyebutkan bahwa orang Balaesang merupakan sub kelompok dari orang Kaili yang juga merupakan penduduk asli di Sulawesi Tengah.

Namun orang Balaesang memiliki bahasa sendiri yaitu bahasa Balaesang. Bahasa ini malahan masih mempunyai dua buah dialek, yaitu dialek Balaesang dan dialek Pendau.

Jumlah penutur bahasa ini belum diketahui dengan pasti.

Pada tahun 1986 Kecamatan Balaesang berpenduduk 20.890 jiwa. Berapa jumlah orang Balaesang di antara penduduk kecamatan tersebut juga tidak tersedia data. Data lain tentang masyarakat ini belum sempat didapatkan.

Sumber : Ensiklopedi Suku Bangsa Di Indonesia oleh M. Junus Melalatoa
loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Sejarah Suku Balaesang Silahkan baca artikel Suku Dunia Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Sejarah Suku Balaesang Sebagai sumbernya

Sejarah Suku Lainnya