Sejarah Suku Bakung

Suku Dunia ~ Orang Bakung dikenal juga dengan nama Umaq Bakung. Mereka ini merupakan salah satu sub kelompok dari orang Dayak Kenyah, yang daerah asalnya adalah di dataran tinggi Apo Kayan, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Timur.
sumber gambar : kolengsajau.webnode.com
Di dataran tinggi Apo Kayan itu mereka lebih terpusat di daerah yang bernama Long Payau dan Metulang yang merupakan bagian wilayah administratif Kecamatan Kayan Hulu. Berapa jumlah kelompok Bakung di Kecamatan Kayan Hulu tidak diperoleh data yang jelas.

Daerah Apo Kayan berada dekat dengan perbatasan Serawak, Malaysia Timur, seakan menjadi pusat pulau raksasa Kalimantan itu. Dalam lokasi semacam itu mereka tertutup dari berbagai informasi dari luar dalam rentang waktu yang panjang.

Mereka pun menghadapi kesulitan dalam mengisi kebutuhan hidup, seperti kebutuhan ekonomi, pendidikan, dan lain-lain. Mereka hanya hidup dari perladangan yang menghasilkan padi, serta meramu hasil hutan dan berburu sebagai pekerjaan tambahan.

Namun. perkembangan di dunia luar itu akhirnya terdengar juga kepada mereka. Itulah sebabnya mereka ingin juga menikmati apa yang telah dinikmati orang lain di luar dunia mereka.

Dengan dalih utama yang bersifat ekonomi, mereka pun mulai keluar dari daerah asalnya itu. Keluarnya itu sudah mulai sejak lama dan biasanya pergi dalam kelompok. Mereka ada yang pergi ke daerah sekitarnya yang sudah lebih terbuka, yang kini mereka berada antara lain di desa Mekar Baru, Kecamatan Muara Ancalong, desa Datah Bilang di Kecamatan Long Iram. Kedua Kecamatan ini merupakan bagian dari wilayah Kabupaten Kutai.

Sumber : Ensiklopedi Suku Bangsa Di Indonesia oleh M. Junus Melalatoa
loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Sejarah Suku Bakung Silahkan baca artikel Suku Dunia Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Sejarah Suku Bakung Sebagai sumbernya

Sejarah Suku Lainnya