Suku-Suku Di Sulawesi Barat

Suku Dunia ~ Sebagian dari anda tentunya tidak mengetahui suku-suku apa saja yang berada di Provinsi Sulawesi Barat. Ketidaktahuan anda dikarenakan pengetahuan anda yang hanya mengenal suku bangsa Bugis dan Makassar saja yang dulunya Sulawesi Barat masih dalam wilayah administrasi dari Sulawesi Selatan dan tak heran jika suku ini juga ada di Sulawesi Barat. Di bawah ini merupakan suku-suku yang berada di Provinsi Sulawesi Barat :



Suku Mandar

Orang Mandar sebagian besar berdiam di wilayah Majene dan Mamuju di Provinsi Sulawesi Barat. Yang sering mengaku sebagai orang Mandar adalah penduduk Majene, penduduk Mamuju sebaliknya lebih senang disebut orang Mamuju. Kedua suku bangsa ini memang memperlihatkan ciri kehidupan sosial dan budaya yang sama di mata orang luar. Selain mendiami kedua wilayah tersebut, orang Mandar juga mendiami sebagian daerah di wilayah Polewali-Mamasa. Jumlah populasinya sekarang sekitar 400.000 jiwa.
Baca lengkap Sejarah Suku Mandar

Suku Pattae

Suku Pattae merupakan nama suatu suku yang bermukim di kabupaten Polewali Mandar provinsi Sulawesi Barat. Suku Pattae merupakan masyarakat minoritas yang mendiami wilayah kecamatan Matakali hingga perbatasan kabupaten Pinrang. Suku Pattae merupakan suku yang mendiami beberapa daerah di kabupaten Polewali Mandar, terutama di desa Batetangnga yang terletak sekitar 7 km dari kota Polewali. Menurut cerita turun temurun yang tersimpan di kalangan suku Pattae bahwa nenek moyang orang Pattae pertama kali hidup di daerah Pattae adalah "To Millo' Ko", dan mereka menyebutnya sebagai "Mula Tau". Dari "Mula Tau" ini lah yang menurunkan orang-orang Pattae.

Suku Pannei

Suku Pannei merupakan suku yang berada di Sulawesi Barat dan sebagian juga berada di Sulawesi Selatan. Suku Pannei saat ini diperkirakan memiliki populasi sebesar 250.000 orang. Kehidupan masyarakat suku Pannei ini pula pada umumnya berprofesi sebagai petani. Mereka mengelola tanaman padi di sawah. Sebagian dari mereka juga ada yang memilih profesi sebagai nelayan. Selain itu beberapa dari mereka menjadi perajin yang menghasilkan beragam jenis kerajinan.

Suku Pattinjo

Suku Pattinjo tak hanya berdiam di beberapa daerah di Sulawesi Selatan (Pinrang) tetapi suku ini juga berada di beberapa daerah di Sulawesi Barat. Keberadaan suku Pattinjo sendiri selama ini diakui sebagai orang Bugis atau hanya dianggap sebagai salah satu sub-suku Bugis. Sedangkan pemerintah setempat sering mengkategorikan orang Pattinjo sebagai suku Bugis Pattinjo.

Referensi Saya :
http://protomalayans.blogspot.com/2012/10/suku-pattae-sulawesi.html
loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Suku-Suku Di Sulawesi Barat Silahkan baca artikel Suku Dunia Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Suku-Suku Di Sulawesi Barat Sebagai sumbernya

Sejarah Suku Lainnya