Sejarah Suku Zulu di Afrika Selatan

Suku Dunia ~ Suku Zulu ini  hidup di daerah Afrika Selatan. Para peneliti memperkirakan mereka tiba di wilayah ini sekitar 10.000 tahun yang lalu. Mereka temasuk golongan nomaden. Mereka selalu berpindah-pindah sesuai musim. Mereka menggembalakan ternaknya, berpindah dari satu dataran luas yang penuh rumput ke dataran subur lainnya.  Namun seiring dengan semakin banyaknya penduduk dan ketersediaan akan makanan sepanjang tahun, maka mereka akhirnya menetap


Mereka tinggal di gubuk, berbentuk lingkaran yang dikenal dengan nama Kraal (Pemberian nama oleh orang Boer). Tiap kraal terdiri dari beberapa gubuk tempat satu kelompok tinggal bersama hewan ternaknya Untuk memenuhi kebutuhan makannya, mereka memburu hewan untuk dimakan dalam kelompoknya. Para wanitanya bekerja di kebun, mengumpulkan jerami dan cabang pohon untuk memperbaiki gubuknya dan anak wanitanya mencari kayu bakar. Sedangkan para pria dewasa, di luar waktu berburu mereka, mereka terkadang menciptakan berbagai benda seni dari kayu, bulu, atau kulit untuk ditukar dengan kebutuhan mereka.

Dengan populasi hampir 11 juta, orang Zulu terutama tinggal di provinsi KwaZulu-Natal, dan memainkan peran besar dalam sejarah Afrika Selatan. Mereka adalah anggota dari bangsa Bantu Afrika yang berbagi kesamaan sejarah dan rumpun bahasa. Orang Zulu berbicara bahasa yang dikenal sebagai isiZulu. Zulu telah menjadi klan besar di daerah yang sekarang menjadi Afrika Selatan selama berabad-abad, setidaknya sejak tahun 800-an. Pakaian tradisional suku Zulu bercirikan banyak manik-manik.

Pada abad ke-19,Kerajaan Zulu (Kerajaan bagi suku Zulu) mempunyai peran penting dalam sejarah Afrika Selatan terutama pada saat politik apartheid diterapkan di negara itu. Orang Zulu hanya dianggap sebagai warga negara kelas dua dan mendapat perlakuan diskriminasi yang sangat kejam. Namun, saat ini suku Zulu, yang berjumlah sekitar 11 juta orang, menjelma menjadi suku bangsa terbesar di Afrika Selatan dan mendapat perlakuan yang sama layaknya warga negara Afrika Selatan lainnya.

Kerajaan Zulu adalah negara di Afrika Selatan yang kini merupakan wilayah dari Afrika Selatan. Kerajaan ini menjadi terkenal selama dan setelah Perang antara Inggris dan Zulu. Shaka merupakan kepala suku Zulu yang dianggap berjasa sekali dalam mengubah sukunya dari suku yang kecil menjadi awal suatu bangsa/suku yang wilayahnya membentang sebagian Afrika bagian Selatan antara sungai Phongolo dan Mzimkhulu. Seiring dengan perubahan zaman, orang Zulu sedikit demi sedikit meninggalkan kebiasaan purbakala dan bergabung dengan zaman modern, mulai meninggalkan pakaian ciri khasnya. Mereka juga sudah mengenyam pendidikan di bangku sekolah dan berminat mencari pekerjaan di kota. Saat ini tercatat sekitar 50 % orang Zulu hidup di kota dan 50% masih betah di desa menggarap sawah dan ladang.

Referensi Saya :
  • http://www.amazine.co/27125/siapakah-orang-zulu-kisah-bangsa-perkasa-afrika-selatan/
  • http://mugiimugii.wordpress.com/tag/suku-zulu/
  • http://y4ser4rafat.wordpress.com/2011/04/12/la-picara-sonadora-suku-zulu-afrika-selatan/
  • http://jaringnews.com/internasional/afrika/4752/rekonsiliasi-sejarah-pahit-inggris-dan-kerajaan-zulu
loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Sejarah Suku Zulu di Afrika Selatan Silahkan baca artikel Suku Dunia Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Sejarah Suku Zulu di Afrika Selatan Sebagai sumbernya

Sejarah Suku Lainnya